Memilih Sekolah Penerbangan, Awal Karir di Industri Aviasi

aviation schoolTingginya tingkat pertumbuhan penumpang di Indonesia tentunya membawa berkah buat kemaslahatan masyarakat, manakala beberapa sektor industri lain mengalami kelesuan, bahkan industri penerbangan dunia mengalami penurunan, sektor penerbangan kita mengalami peningkatan signifikan diatas pertumbuhan ekonomi Indonesia setiap tahun.

Presiden ICAO (International Civil Aviation Administration), Roberto Kobeh Gonzales, awal Agustus 2008  di Denpasar, Bali, pernah memberikan peringatan kepada praktisi penerbangan Indonesia. Roberto menyatakan bahwa, dunia penerbangan Indonesia, katanya, sangat timpang karena tidak berimbangnya segi bisnis dengan sumber daya manusia (SDM). Akibatnya, banyak terjadi pembajakan serta pengarbitan SDM. Hal ini merupakan bahaya laten yang amat membahayakan aspek keselamatan penerbangan. Sarannya, laju petumbuhan bisnis penerbangan nasional harus diperlambat.

Untuk mendukung pertumbuhan industri penerbangan, kebutuhan sumber daya manusia menjadi tinggi. Lihat saja berbagai iklan dan tawaran bekerja di maskapai dalam dan luar negeri marak di media maupun dari mulut ke mulut. Hingga kini maskapai besar seperti Garuda dan Lion Air saja masih kekurangan tenaga pilot, cabin crew, teknisi, dispatcher, dll. Belum lagi penerbangan regional seperti Susi Air, Ekspres Air, Wing Air, penambahan rute dan pesawatnya membutuhkan tidak sedikit tenaga kerja.

Sangat disayangkan jika Indonesia tidak mempersiapkan sejak dini tenaga kerja ahli dibidang ini. Fakta ini tidak bisa dilepaskan dari sektor pendidikan penerbangan di Indonesia. SDM Lembaga pendidikan dengan sistim yang baik, lengkap sarana dan prasarana pengajaran, serta kualitas dan kuantitas pengajar atau instruktur yang tinggi, tentu akan menghasilkan lulusan yang mumpuni dan berkompetensi.

Lihat saja banyaknya perpindahan tenaga kerja antar perusahaan, belum lagi tenaga pilot asing di berbagai maskapai, bahkan tenaga instruktur pun sudah ada yang didatangkan dari luar negeri. Garuda, BUMN penerbangan Indonesia juga menyesuaikan diri dengan tuntutan service, saat ini  sedang mendidik cabin crew dari negara Cina, Korea dan Jepang untuk melengkapi diri sebagai maskapai bintang empat versi Sky Track.

Untuk memenuhi kebutuhan SDM di penerbangan berbagai upaya telah dilakukan oleh berbagai pihak. Mulai dari mendirikan sekolah kejuruan penerbangan(SMK), pelatihan profesi, sampai melakukan training di luar negeri karena terbatasnya kapasitas dan mahalnya biaya di dalam negeri. Fasilitas pendidikan pun mulai dari ruko-ruko sampai sekelas hotel berbintang, seperti sekolah pilot di Buleleng Bali.

Berbagai pihak pun melihat  peluang ini dari berbagai perspektif. Misal saja Pemda Tangerang, yang kebetulan wilayahya terdapat gerbang udara Indonesia, Soekarno-Hatta. Pemda tangerang  dengan Walikotanya Wahidin Halim segera mendirikan SMK penerbangan dua tahun lalu, tidak tanggung-tanggung Tangerang mengalokasikan 4,5 hektar tanah untuk segera membuka sekolah setingkat universitas khusus penerbangan. Wahidin memang dikenal getol dalam memajukan bidang pendidikan, bahkan Wahidin telah mendapatkan penghargaan dari Presiden.

Ada juga yang melihat peluang kebutuhan SDM khususnya pilot untuk tujuan bisnis. Sekolah pilot di Buleleng, Bali yang didirikan oleh Robby Johan yang mantan Direktur Garuda memberikan bandrol US $ 55.000. untuk dididik menjadi pilot. Tidak main-main, Robby menempatkan putrinya sendiri untuk mengelola bisnis tersebut. Dengan dibantu tenaga mantan Garuda dan instruktur asing, sekolah pilot ini telah meluluskan 21 pilot dan telah diserahterimakan kepada PT. Garuda.

Selain mengandalkan pihak lain dalam mencetak tenaga ahli dalam penerbangan, berbagai maskapai pun mengupayakan pelatihan dan pendidikan sendiri. Saat ini pembangunan pusat pelatihan dilakukan oleh Sriwijaya Air menyusul maskapai lain seperti Lion Air dan Batavia, lokasinya dekat Soekarno-Hatta. Diharapkan, dengan fasilitas training center ini kebutuhan SDM di maskapai ini dapat dipercepat. Merpati juga dikenal sebagai maskapai yang memberikan pelatihan dan pendidikan profesi bidang penerbangan yang harganya relatif bersaing. PT. Gapura Angkasa, yang merupakan anak perusahaan Garuda lebih memilih Merpati sebagai tempat mendapatkan license FOO karena lebih murah, padahal Garuda sendiri memiliki training center di Cengkareng, yaitu GITC.
Untuk mewujudkan keinginan pemuda-pemudi menjadi tenaga profesional di bidang penerbangan dapat melalui berbagai cara. Mulai dari memasuki sekolah setingkat menengah, pendidikan tinggi, atau melamar ke maskapai untuk di-training. Hampir semua provinsi telah memiliki SMK penerbangan, saat ini jumlahnya 25. Jika telah lulus dari SMK atau SMU bisa melanjutkan ketingkat sekolah tinggi atau universitas khusuh penerbangan. Selain itu, dapat juga memilih sekolah di pusat pusat pendidikan yang di selenggarakan oleh Pusdiklat Perhubungan Udara di berbagai daerah, seperti Palembang, Jaya pura, Medan, Surabaya, Makasar.

Untuk berbagai profesi yang hanya membutuhkan waktu singkat, Dephub juga memberikan sertifikasi kepada lembaga pendidikan dan profesi untuk menyelenggarakan training dan pendidikan. Harus diwaspadai karena tidak semua yang mengaku dapat menyalurkan kerja ke perusahaan telah mengantungi izin sesuai CASR (Civil Aviation Safety Rules). Tanyakan validasi izinnya, karena setiap tahun harus diperbaharui oleh Dephub.

Hampir semua profesi dibutuhkan oleh industri penerbangan Indonesia saat ini, terutama yang berhubungan langsung dengan interaksi bisnisnya dilapangan atau disebut Front liner. Pilot, Cabin Crew, Enggineer, FOO ( Flight Operation Officer), ATC (Air Traffic Controller) adalah beberapa profesi yang disebut front liner. Untuk Supporting Bussines, Ahli dalam bidang IT dan tenaga Marketing yang kreatif sangat diminati. Dibidang kargo, pengetahuan tentang logistik dan Dangerous Good sangat diperlukan karena regulasi yang mewajibkannya.

Perkembangan teknologi juga berperan dalam kebutuhan SDM. Sampai saat ini PT. Garuda telah menawarkan pensiun dini bagi karyawan yang dianggap telah tidak sesuai lagi dengan kebutuhan dan perkembangan perusahaan maskapai tersebut. Tenaga back office kini semakin tergusur dengan komputerisasi. Sistim penjualan maskapai telah berali ke sistim on line dan direct reservation. Garuda bahkan mengoptimalkan cabin crew nya untuk menggaet loyal costumer di setiap penerbangan .

Keandalan mesin dari pabrik juga menyebabkan tenaga ahli mesin dan rangka (Engine and Airframe)semakin sedikit dan digantikan teknisi Avionic/Radio Engineer yang lebih  diminati maskapai untuk maintenance dan trouble shooting armadanya yang berteknologi digital. Apalagi inflight entertainment yang semakin canggih di berbagai pesawat baru yang dilengkapi teknologi audio, video, game bahkan penggunaan internet dimasa yang akan datang.

Bandar udara juga saat ini berkembang pesat dan semakin canggih. Tenaga yang dibutuhkan mulai dari ATC, Engineer kelistrikan, IT developer, bahkan airport security yang mempunyai kualifikasi khusus sebagai aviation security. Rencana yang sebentar lagi terwujud untuk open sky, dimana setiap airport harus memiliki standar kompetensi profesi untuk menjamin bandara memiliki tingkat keselamatan dan keamanan penerbangan internasional.

sekolah aviasi

Biaya Pendidikan
Memang, biaya pendidikan dibidang penerbangan sering menjadi kendala bagi masyarakat tidak mampu. Disinilah peran berbagai pihak untuk mencari solusi, mulai dari Pemerintah, pelaku industri sampai penyelenggara pendidikan dan pelatihan. Belum lama ini DPR dan Pemerintah telah menyetujui anggaran yang cukup besar untuk mendukung terselenggaranya biaya terjangkau bagi masyarakat. STPI Curug saja digelontorkan 2(dua) Triliun lebih untuk penyediaan pesawat dan sarana simulator di sekolah penerbangan yang berdiri sejak 1 juni1952 tersebut.

Bagi yang mampu  tidak masalah, hitung-hitungannya biaya tersebut akan kembali dalam waktu yang tidak lama. Sebut saja pilot atau cabin crew, dengan membayar sendiri biaya pendidikan (pilot: 400-550 juta, cabin crew: 20-25 juta, FOO: 25 juta), setelah diterima bekerja memang dapat mengembalikan investasi tersebut setelah 2 (dua) tahun. Namun, apakah kesempatan itu hanya milik yang mampu ?

Mengingat besarnya biaya pendidikan dan pelatihan profesi penerbangan, berbagai upaya dilakukan. Mulai dari pemberian beasiswa seperti yang dilakukan STPI Curug, ikatan kerja dengan perusahaan atau instansi, bahkan kerja sama dengan Bank dan koperasi seperti yang ditempuh BIFA, Bali. Bahkan, Batavia Air menawarkan peminat profesi pilot melalui sekolah pilotnya Aeroflyer dengan ikatan kerja 15 tahun disertai jaminan.

Untuk mempertahankan kompetensi dan penyegaran (Proficiency and reccurent), biaya yang dikeluarkan juga tidak sedikit. Untuk itulah berbagai pihak melihat hal ini dari berbagai sisi. Dapat dianggap sebagai biaya tetap atau investasi yang berujung tingkat keselamatan tertinggi bagi perusahaan dan instansi. Undang-undang dan regulasi internasional seperti ICAO dan IATA merekomendasikan Mandatory training bagi berbagai profesi dibidang penerbangan.

Banyak maskapai kini memiliki izin menyelenggarakan sendiri jenis  mandatory  training tersebut. (TM)


Popularity: 58% [?]

Filed Under: Liputan Utama

Tags:

About the Author: Tabloid Aviasi merupakan tabloid penerbangan pertama di Indonesia, yang terbit setiap bulan minggu pertama dengan mengedepankan informasi yang berimbang jujur, berkualitas dan dibutuhkan masyarakat. Untuk menampung setiap perubahan, pembaca memerlukan media yang mampu menganalisis peristiwa dengan mengedepankan prediksi, menghitung probabilitas dan memetakan persoalan secara cermat.

RSSComments (45)

Leave a Reply | Trackback URL

  1. ANTONI says:

    Mau tanya, kapan mulai buka pendaftaran siswa penerbang di Buleleng ? Apa persyaratannya.

  2. Ariv says:

    minta alamat sekolah penerbangan untuk FOO,?
    pendaftaran kapan…?

  3. sinthya says:

    Saya mau tanya sekolah Penerbangan GARUDA utk menjadi PILOT, pool nya d jakarta….?

  4. hezhi says:

    Mohon bantuan informasi bagaimana persyaratan untuk mendapatkan beasiswa sekolah pilot di NAM FLYING SCHOOL dan WINGS FLYING SCHOOL ?

    Terimakasih atas bantuannya.

    Hezhi

  5. desi natalia says:

    mau liat kursus foo dong di semua maskapai penerbangan,, biayanya berapa ya,,

  6. dedy supriatno says:

    Kepada Yth,
    Bapak Pimpinan
    AVIASI

    assalamualaikum’
    dedy mau bekerja di sekolah penerbangan gimana caranya pak?

  7. Khairunnisa says:

    Kepada Yth,
    Bapak Pimpinan
    AVIASI

    Assalamualikum
    Bapak saya nisa mau menayakan rincian biaya sekolah penerbangan yg tahun ajaran 2011/2012 kira-kira berapa ya pk..
    Harap di Balas.

  8. akmal indrawan says:

    tolong dong beri info cara masuk sekolah penerbangan dan batasan umurnya

  9. victor rairutu says:

    saya mw tanya apakah biaya pilot yg 450-500 jt itu sudah sampai lulus sekolah pilot atau biaya tersebut perbulan?
    gbu

  10. rival says:

    Kepada Yth,
    Bapak Pimpinan
    AVIASI

    assalamualikum
    Bapak saya nisa mau menayakan rincian biaya sekolah penerbangan yg tahun ajaran 2011/2012 kira-kira berapa ya pak.
    Harap di Balas ke e-mail saya (riv.cr7@gmail.com)secepatnya tolong .

  11. loethfie says:

    tolong dong kasih tau cara masuk sekolah penerbangan dan biayanya…..

  12. Glorius says:

    Saya mau tanya pak…
    Bagaimana ya caranya supaya saya bisa masuk sekolah pilot?
    Apakah ada beasisswanya?
    Saya ingin sekali bisa mengikuti sekolah pilot….
    Mohon bantuannya pak….
    Terimakasih.
    Gbu.

  13. Glorius says:

    saya mau tanyta ada gak pendaftaran bagi siswa baru?

    saya mau jadi pilot…

  14. putra says:

    Saya mau bantu jawab pertanyaan teman-teman semua

    Ada yg tanya ttg sklh pnb yg dbuleleng(BIFA)
    -kalau anda mau daftar,daftarnya djkt jln,sudirman gedung wisma niaga lnti 26.disitu juga bisa mendftr pnb AIRASIA juga

    Ada yg tanya ttg biaya sklh pilot 400-500 jt.
    -sklh pilot di indo yg saya tau biayanya itu adalah AERO FLYER INSTITUTE(AFI)biaya $45.000.BIFA biayanya bisa mencapai $55.000.tinggal anda saja memilih dimana anda mau masuk

  15. putra says:

    Saya mau bantu jawab pertanyaan teman-teman semua

    Ada yg tanya ttg sklh pnb yg dbuleleng(BIFA)
    -kalau anda mau daftar,daftarnya djkt jln,sudirman gedung wisma niaga lnti 26.disitu juga bisa mendftr pnb AIRASIA juga

    Ada yg tanya ttg biaya sklh pilot 400-500 jt.

    -sklh pilot di indo yg saya tau biayanya itu adalah AERO FLYER INSTITUTE(AFI)biaya $45.000.BIFA biayanya bisa mencapai $55.000.tinggal anda saja memilih dimana anda mau masuk
    Putra_uta2003@yahoo.com

  16. Salvatore Ganang says:

    Berapa biaya sekolah pilot sampai selesai di Indonesia ? Thanks

  17. mcpekey says:

    mohon info lengkap biaya sekolah penerbangan se-indonesia sampe selesai/lulus…thanks b-4..

  18. salamat damanik says:

    mohon informasi FOO initial dan dimana dan kapan ada ? terima kasih atas infonya

  19. nissa maulita says:

    saya sudah mendaftar sekolah tinggi penerbangan indonesia.jurusan komunikasi penerbang.boleh tanya itu nanti kerja di dalam pesawat atau di bandara saja?trimakasih

  20. try rezky says:

    pak , kalau mau jadi pilot bisa cewek kan ?
    trus kalau udah smp harus di lanjutin ke sma mana pak ? :)

  21. maulana arifin randi says:

    apa lulusan IPS bisa sekolah FOO..???

  22. jamil says:

    mau berbagi informasi ne brother,,,,
    kami dari FARIN TRAINING CENTER membuka program training avsec program untuk kelas avsec basic dan avsec junior.
    kampus kami beralamat di :
    jln husein sastranegara,ruko duta garden square blok g no 2
    tanggerang banten
    untuk informasi selengkapnya silahkan mengubungi
    di no telp 021 54370509 atau hp 081281597956. pin 2777524F

    salam,
    jamil

  23. rudy_noor says:

    mohon informasi, apa lulusan SMA IPS bisa sekolah FOO, namun demikian anak saya tsb sangat senang dengan dunia penerbangan. sejak kelas 5 SD sudah main MS Flight Simulator. sampai sekarang. trmksh.

  24. Sudah di sampaikan mas putra bhwa Sklh pilot di BIFA(Bali International Flight Academy) itu US$ 55.000 . Kalo AeroFlyer US$ 45.000 (bisa diangsur 10/12 bulan. Info lebih lengkap twitter @moeh_safii « Taruna Aero)

    Klo masalh Scholarship yang saya tau itu :
    1. WFS (Wings Flying School) disini tadinya dapat memberikan pinjaman dana 100 % buat tarunanya. Tapi ga tau kenapa. Untuk batch kmrin dst itu dikenakan biaya awal skitar 100jt. Info persyaratan, buka website lion air…
    2. Aero Flyer Institute . Ni sekolah punya Batavia Air kyanya. Klo mslah recruitment nya gw kurang tau. Klo mau tau lebih lanjut, coba kunjungin website nya atau kantornya di jakarta.
    3. APS (Airlines Pilot School) ni sekolah juga memberika keringanan. Kerjasama sama CIMB Niaga. Lokasi sekolah di Redlands, CA. USA. Klo mau tau info sekolah ini lbh lanjut, hubungi gw aja.

    Gw bukan pilot, gw juga bukan taruna pilot. Tapi gw punya impian yang sama kaya kalian semua. Gw juga punya bbrapa temen lagi di Deraya Flying School nd Nusa International. So, klo ada yang minat ama tu skolah bisa hub. Gw. Nti gw salurin ke tarunanya yang lbh mengerti. gw seneng bgt klo bisa bantu kalian semua. Semoga kita nti bisa ketemu di maskapai ya :P . Amin (´??`)

    More Info:
    Facebook : krissindhupramuditha@yahoo.com (jangan lu kirim email ke situ. Gw males buka)
    Twitter : @PramudithaKris
    Pin : 276B3D0D

  25. Angga Febdy says:

    Kalo di bilang biaya sekolah penerbangan cukup mahal, bagaimana caranya bagi orang kurang mampu mendapatkan beasiswa sekolah penerbangan???
    tolong di info yaw ke email saya anggafebdy@yahoo.com
    saya tunggu…

  26. yuli says:

    saya mau msuk pnerbangan,tpi apakah ada untuk jlur melalui beasiswa?
    klw ada bgaimana caranya dan apa saja persyaratannya..?
    tolong d info k email saya yoelianti.cliquers@gmail.com
    saya tunggu,trimakasih….

  27. Lupinosari says:

    Jakarta, 24 Januari 2012

    Kepada Yth.
    Pimpinan Avisiasi
    d Tempat

    Dengan hormat,

    saya mau tanya kapan pendaftaran BIFA di buka dan bagaimana cara mendapatkan beasiswa serta persyaratannya apa saja?

    Demikian. Terima kasih.

    Hormat saya,

    Lupinosari D

  28. ferry says:

    hallo,
    mau tanya kalo usia 30 tapi pengen les pilot masih bisa atau engga ?, soalnya kalo liat diluar negeri umur tidak menjadi hambatan untuk belajar.
    jika bisa kira2x berapa biayanya ?

    tolong info ke mail saya
    ferry_ardea@yahoo.co.id

    Thanks,
    ferry

  29. ariff trisetia says:

    mohon kirim website sekolah penerbangan di bali,buleleng (BIFA)

  30. auliafitrianggraini says:

    kak aq mau tanya nih apa aja syarat untuk masuk sekoalah penerbangan tahun 2012

  31. Retno says:

    mav saya mau tanya kapan pendaftaran siswa penerbangan di jakarta ? apa saja persyaratannya ? Dan untuk biayanya berapa ? serta informasi lainya ? trims .
    dan tolong d.balas k.email saya di :
    retnowuryaningsih15@yahoo.co.id

  32. novi says:

    ass, pak kapan sekolah penerbangan curug untuk thn ajaran 2012-2013 apa saja saratya dan biayanya berapa pak saya mohon pemberituannya pak mksh

  33. alva says:

    TRAINING FOO MERPATI BLN JUNI 12 adalah sebagaiberikut :-

    Pria / Wanita usia minimal 21 tahun, sehat dan tidak butawarna.-

    Minimal lulusan SMA / sederajat.-

    Melengkapi administrasi berupa
    fotocopy
    KTP dan ijasahterakhir, foto 4X6 sebanyak 6 lbr, foto 3×4 sebanyak 6 lbr dan 2x3sebanyak 6 lbr (semua dengan latar merah). Kelengkapantersebut dikirimkan atau datang ke SBU MTC dengan alamat:
    Gd. Merpati Nusantara Airlines Jl. Angkasa blok B15 kav 2-3, kemayoran-Jakarta pusat atau Jl. Juanda Airport, Juanda International Airport, Surabaya.
    -

    Fotocopy
    Surat Keterangan Catatan Kepolisian/SKCK (berlaku> 3 bln)-

    Surat keterangan bebas narkoba (berlaku > 3 bln).-

    Lulus seleksi Matematika dasar dan Bahasa Inggris.-

    Lulus Tes Kesehatan yang diadakan oleh Balai KesehatanPenerbangan dengan biaya sendiri.- Fotocopy KK – Fotocopy paspor-

    Mengisi biodata. Biaya pendaftaran : Rp. 250.000,-Biaya pelatihan : Rp. 24.500.000,-

    Biaya Medical Check : Rp. 550.000,- Untuk kelas saat ini masih bersifat open date dan diperkirakan akan dimulaisekitar bulan September 2011 atau saat quota minimal kelas terpenuhi (Min.15 orang). Materi Pelatihan FOO: Pelatihan dilaksanakan selama 6 bulan, terdiri dari 3 bulan teori di dalamkelas dan 3 bulan
    On Job Training
    . Materi meliputi
    Ground Training
    dankunjungan ke beberapa lokasi yang terkait dengan tugas FOO. Type rating B737-300/400 dan
    Aircraft Route Familiarization Flight
    . Ujiandilaksanakan oleh Dinas Sertifikasi Kelaikan Udara Departemen PerhubunganUdara RI. Bila ada kebutuhan di internal, bagi peserta yang lulus seleksi terbukakesempatan untuk berkarir sebagai FOO di Merpati. Demikian yang dapat kami sampaikan, untuk lebih jelasnya silakanmenghubungi kami di nomor yang tertera dibawah ini. Atas perhatiannyadiucapkan banyak terima kasih Business and Development Officer SBU Merpati Training Centre HUB DIAN telp 6548888 ext 5801 hp 081368865075

    salam-muhasan ilyas

  34. otis kirakla says:

    Kepada yth;
    Bapak Pimpinan AVIASi
    di.tempat
    Dengan ada kemauan saya sangat besar dalam dunia penerbangan di dalam negeri maupun di luar negeri ,maka dengan ini ,saya tanya tentng syarat2 yang harus lengkapi apa saja yang harus saya lakukan?
    dan juga biaya akademik ini jika kalau sampain selesai minimal berapa ratus juta yang harus saya butuhkan?
    kemudian juga dalam pelaksanaan test itu apa saja yang saya laksanakan disana Pak?
    dan batas tanggal penerimaan mahasiwa br sampai bulan berapa?
    trims atas kerja sama yang baik .

  35. kasrim says:

    putra says:
    March 14, 2011 at 3:19 pm

    Saya mau bantu jawab pertanyaan teman-teman semua

    Ada yg tanya ttg sklh pnb yg dbuleleng(BIFA)
    -kalau anda mau daftar,daftarnya djkt jln,sudirman gedung wisma niaga lnti 26.disitu juga bisa mendftr pnb AIRASIA juga

    Ada yg tanya ttg biaya sklh pilot 400-500 jt.
    -sklh pilot di indo yg saya tau biayanya itu adalah AERO FLYER INSTITUTE(AFI)biaya $45.000.BIFA biayanya bisa mencapai $55.000.tinggal anda saja memilih dimana anda mau masukaviasi mantap di indonesia tingkatkan karir penerbangan yang handal dan lbih baik dalam standar internasional go live in flight..

  36. kasrim says:

    kasrim says:`13-07-2012

    Saya mau bantu jawab pertanyaan teman-teman semua

    Ada yg tanya ttg sklh pnb yg dbuleleng(BIFA)
    -kalau anda mau daftar,daftarnya djkt jln,sudirman gedung wisma niaga lnti 26.disitu juga bisa mendftr pnb AIRASIA juga

    Ada yg tanya ttg biaya sklh pilot 400-500 jt.
    -sklh pilot di indo yg saya tau biayanya itu adalah AERO FLYER INSTITUTE(AFI)biaya $45.000.BIFA biayanya bisa mencapai $55.000.tinggal anda saja memilih dimana anda mau masukaviasi mantap di indonesia tingkatkan karir penerbangan yang handal dan lbih baik dalam standar internasional go live in flight

  37. Wisnu Nugroho says:

    Dear ALL yang mau sekolah Pilot…
    you can contact us at :
    Mobile : 0812-83057424
    Phone : 021-5748826
    BBM PIN : 2A2132F4
    Email : aaaindonesia1@yahoo.co.id.

    AAA Academy.

  38. DR MANDANG MICHAEL says:

    ADA INDIKASI KORUPSI,INSIDEN PENDIDIKAN,TINDAK PIDANA BULLYING DILAKUKAN OLEH INSTRUKTUR KURSUS NAM FLYINGSCHOOL PANGKAL PINANG IMAM MAHENDRA DAN BAPAK SOENARYO KEPALA SEKOLAH KURSUS NAM FLYINGSCHOOL PANGKAL PINANG MELAKUKAN TINDAKAN CURANG,PENIPUAN,PENYALAHGUNAAN WEWENANG,DAN PEMBOHONGAN PUBLIK TOLONG DIUSUT TUNTAS PIHAK BERWENANG DAN STAKEHOLDER DEMI KESELAMATAN,KEAMANAN,KEMAJUAN SDM PILOT DI INDONESIA. TERIMAKASIH

    (Mene’mene’,Teke’l Ufarsin)

  39. DR MANDANG MICHAEL says:

    di Nam FlyingSchool pangkal pinang ada indikasi korupsi,insiden pendidikan,accident pesawat,tindak pidana kekerasan bullying(human error cause overconfidance) disebabkan oleh instruktur terbang nam flyingschool pangkal pinang imam mahendra dan kepala sekolah nam flyingschool pangkal pinang bpk soenaryo melakukan tindakan curang,penipuan,pembohongan publik dan penyalahgunaan wewenang(penyakit power sindrom yang sangat membahayakan)tolong diusut tuntas pihak berwajib dan stakeholder serta masyarakat pada umumnya berjaga-jaga senantiasa demi keselamatan,keamanan,dan kemajuan sumber daya pilot di Indonesia. Terimakasih

    Mene’, mene’, Teke’l Ufarsin

  40. einstein says:

    saya mau tanya sekolah non formil atau kursus avionik untuk license avionik.mohon info lengkapnya.terima kasih

  41. fajar says:

    saya mau nanya di banjarmasin ada sekolah penerbangan ga ?
    apa aja syaratnya?

  42. Roy says:

    selamat siang..sya sekarang masih klas 3 smp..
    saya mau tanya,sekolah pilot itu berapa tahun sampai kelulusan?
    tentang mata,apakah yg matanya sudah silindris,atau minus sekian msh bisa masuk skolah pilot dgn mnjalankan operasi mata?
    terimakasih

  43. imam mahendra says:

    untuk terbang crosscountry nam flyingschool bersama instruktur terbang imam mahendra hanya muterin daratan kecil tidak pernah landing alasan kepala sekolah bpk soenaryo tidak ada security clearence jadi untuk transisi single engine “loncat” ke boeing kualitas pilotnya ? dapat membahayakan penumpang ? solusinya untuk keselamatan dan keamanan serta kenyamanan masyarakat pengguna jasa penerbangan sebaiknya diganti kepala sekolahnya dan diaudit instrukturnya oleh pihak-pihak yang berwenang untuk kebaikan masa depan pilot dan penumpang di Indonesia

  44. ahmad soripada hrp says:

    mau tanya ni pak , kapan buka smk penerbangan di medan pak ?

  45. Woah! I’m really enjoying the template/theme of this website. It’s simple, yet effective. A lot of times it’s hard to get that “perfect balance” between user friendliness and visual appearance. I must say you have done a very good job with this. Also, the blog loads very fast for me on Internet explorer. Outstanding Blog!

Leave a Reply