Aviation Security di Bandara

Kalau bicara keamanan dan kenyamanan di suatu tempat tentu kita akan mengaitkan petugas keamanan atau security. Seperti halnya di bandara, terminal, hotel, mall, pasar, perkantoran dan perumahaan, ini tentu akan berbeda petugas security-nya di masing-masing lokasi.

Lain halnya security bandara. Dalam pelaksanaan kerjanya  mereka harus berpedoman kepada regulasi Internasional, aturan tersebut adalah harga mati, dikaitkan dengan keselamatan penerbangan.

Konon, Sumber Daya Manusia (SDM)  untuk menjadi seorang Security  Bandara yang dikelola oleh Angkasa Pura II (AP II) harus memiliki sertifikat terlebih dahulu, soalnya   kompetensi di lapangan  secara tehnik akan dan harus berhadapan terhadap  segala permasalahan. Ini sudah barang tentu  banyak menimbulkan konflik tempat mereka bertugas, karena  itu mereka dibekali aspek-aspek yang bersifat  melayani (service) yang baik dan ada ketentuan suka atau tidak suka yang harus ditaati oleh pemakai jasa di seputar bandara.

Bekal pendidikan Service Excellent menjadi penting karena disini dituntut harus tegas tetapi harus dengan perilaku santun. Dan yang cukup berat bagi seorang security bandara, ia harus memahami berbagai macam karakter pengguna jasa di bandara .

“Yang paling berat bagi security Bandara Soekarno-Hatta di sini adalah  bagaimana mereka mengelola konflik dan menyelesaikan konflik dan juga para pengguna jasa yang kurang mentaati ketentuan-ketentuan yang ada,” papar Andang Santoso, PLT Public Relation Manager.
Andang menambahkan lagi, peristiwa  yang pernah terjadi, semisal  adanya konflik,  itu menjadi pelajaran untuk ke depan dengan cara melakukan pendekatan yang lebih baik dan bisa diterima oleh para pengguna jasa.

Bagi seorang security bandara yang memiliki sertifikat aviation security, tentunya berbeda. Untuk mendapatkan sertifikat tersebut ada pendidikan khusus tentang security kebandar udaraan dan tanpa itu tidak bisa ditugaskan diarea khusus. Untuk Security yang belum memiliki sertifikat tersebut mereka biasanya bertugas di public area.

Walaupun mereka sudah diberikan pengetahuan secara umum kebandar udaraan, mereka juga mendapatkan pendidikan aspek kepolisian. Dalam pendidikan pun  tidak boleh mengganggu rutinitas operasional, maksimal dalam satu kelas tidak lebih dari 30 orang.
Faktor kesulitan yang mereka hadapi sehari-hari biasanya adalah  saat melakukan penertiban bagi  pengguna jasa  di seputar bandara yang belum memahami ketentuan, peraturan dasar yang berlaku di keselamatan penerbangan.

”Contoh, ada kejadian seperti pengantar dapat masuk bandara, dengan mudahnya karena uang tips  Rp. 50 ribu ke security bandara. Nah, ini kan  perbuatan yang tidak mencerminkan seorang security bandara  yang baik, tapi kalau disalahkan saya katakan kedua belah pihak yang  salah. Karena  ini sama saja memberikan peluang. Tanpa disadari, siapa tahu  teroris atau penyelundup yang menyusup, kan perbuatannya itu bisa  mengacaukan bandar udara,”  tukas Andang  Santoso.

Pengalaman yang boleh dibilang cukup berat saat paska kejadian bom JW Mariot tempo hari di Mega Kuningan. Dampaknya, pengamanan di seputar bandara menjadi super ketat dan harus melakukan beberapa langkah, diantaranya, security sandara akan memeriksa lebih ketat dan teliti apa dan  siapa saja yang memasuki daerah terbatas (security trafic area) dari daerah steril termasuk semua barang bawaan dan tidak peduli  siapapun, terkecuali RI-1 dan R -2. Dan tentunya, saat  ada pejabat pemerintah pusat, pemerintah daerah, anggota dewan, tokoh  mau diperiksa, security Bandara harus memberikan salam permohonan maafnya terlebih dahulu.

Kemudian, memeriksa dan mencocokkan tiket dengan  identitas seperti  KTP atau surat izin masuk bagi calon penumpang dan petugas awak pesawat. Untuk di area control, security bandara wajib melaksakan pemeriksaan secara teliti terhadap kendaraan penumpang dan muatan yang akan memasukinya, juga dengan mitra kerja diharapkan  turut  mengawasi untuk  melakukan pengamatan tempat vital.
Dalam pidatonya,  saat meresmikan gedung baru Garuda Indonesia di kawasan Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berpesan  bahwa jangan karena ada ancaman terorisme yang mengemuka, baru kita sibuk sepanjang masa harus ada langkah-langkah kongkrit di dalam menjalankan SOP (standar operational prosedur) dan juga langkah-langkah pencegahan.
“Semua,  bukan  saya saja yang akan lewat, tetapi juga lorong karyawan, tempat catering dan lainnya, mesti dicheck , diawasi dan di yakini semua sudah steril. Saya sering mengkritik, kadang-kadang dianggap sudah kenal karyawan disitu tidak curiga, lantas tidak diperiksa dengan seksama,” papar SBY.

Pengalaman dan Syarat AVSEC
Cerita menjadi Security bandara yang dialami Ilham (22 )  banyak sekali,  Security Bandara yang bertugas di Halim Perdanakusuma pernah mengalami hal duka, seperti saat menghadapi pemakai jasa yang tidak tahu aturan atau orang yang tahu aturan tetapi sengaja nekat karena merasa punya kedudukan atau berpangkat tinggi. Begitupun dalam hal kebersihan atau larangan merokok di daerah tertentu, ada saja orang nekat merokok tanpa melihat papan pengumuman ataupun teguran.  ”Lebih enak menegur orang yang melanggar peraturan karena tidak tahu,  dari pada  menegur orang yang melanggar tapi sebetulnya dia tahu  peraturannya, begitu pun di daerah area parkir,  biasanya oknum pejabat seenaknya parkir sembarangan.” celetuk pemuda yang pernah mengenyam bangku kuliah di Universitas Sudirman hanya sampai semester I.

Sukanya, kata Ilham,  paling senang kalau semua pemakai jasa mentaati peraturan yang ada di bandara, contohnya  di daerah area pemeriksaan lewat x-ray, bagi yang mentaati peraturan tanpa disuruh sudah melakukan  apa yang harus dilakukan. Begitu pun di arena parkir yang taat peraturan otomatis sudah tahu tempat parkir yang diperbolehkan.

Sementara syarat-syarat menjadi seorang security bandara tidaklah begitu sulit, yang penting mempunyai pengetahuan lulusan minimal SLTA, berbadan sehat, tinggi tidak kurang dari 165 cm, dan tidak terlibat urusan kepolisian, tidak mengkonsumsi narkoba, surat izin dari orang tua dan begitu juga surat kelakuan baik yang dikeluarkan oleh kepolisian.

Untuk pelatihan khusus di sini ada Diklat Wajib diantaranya, Basic AVSEC (Aviation Security), Junior AVSEC, Senior AVSEC, dan ada Diklat tambahan yaitu Advance AVSEC, di antaranya Crisis Management, Negotiation, Exercise, dan ada Special AVSEC yaitu Auditor/Inspector, Instructor.

Junior AVSEC, lama Diklat hanya sekitar  dua  minggu, materi yang diberikan antara lain peralatan security, pemeriksaan dengan alat security yaitu WTMD, HHMD, X-ray, Explosive detector. Kewenangan (rating) yaitu Operator X-ray, operator Explosive detector.

Basic AVSEC (Aviation Security) for Airlines & Ground Handling mengacu kepada Surat Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor SKEP/252/XII/2005  tentang program nasional pendidikan dan pelatihan pengamanan penerbangan sipil dan SKEP 293/IX/1999 tentang sertifikat petugas penanganan bahan dan atau barang berbahaya dengan pesawat udara Syllabus diklat tersebut terdiri dari syllabus Diklat AVSEC, meliputi Basic AVSEC, Junior AVSEC dan Senior AVSEC serta Syllabus Dangerous Goods A dan B. “Lama pendidikan hanya 10 hari denga biaya  Rp 2,9 juta,”  jelas Djasman Karimin, Direktur Das Aviation Training Centre (DATC) penyelenggara pendidikan Aviation Security kepada Aviasi. (Edi)


Popularity: 31% [?]

Filed Under: Seputar Bandar Udara

Tags:

About the Author: Tabloid Aviasi merupakan tabloid penerbangan pertama di Indonesia, yang terbit setiap bulan minggu pertama dengan mengedepankan informasi yang berimbang jujur, berkualitas dan dibutuhkan masyarakat. Untuk menampung setiap perubahan, pembaca memerlukan media yang mampu menganalisis peristiwa dengan mengedepankan prediksi, menghitung probabilitas dan memetakan persoalan secara cermat.

RSSComments (31)

Leave a Reply | Trackback URL

  1. Jayadi says:

    Berikan informasi mengenai Training AVSEC yang dilakukan di Indonesia.

  2. Jayadi says:

    Saya dan beberapa teman akan ikut training AVSEC BASIC.
    Jadi kami meminta info secepatnya.
    Terima kasih atas kerja samanya

  3. sahid says:

    Mau Tanya berapa beaya training dangerous goods dan berapa lama training.trims infonya.

  4. sahid says:

    mau tanya berapa beaya training dangerous gods dan berapa lama training trims infonya

  5. stev says:

    tempat pendaftarannya di mana.

  6. bowo says:

    selamat malam..
    izinkan saya memperkenalkan diri…saya bekerja di perusahaan yang baru berdiri..dan kami membutuhkan bantuan dari admin aviasi tabloid bahwa sahnya saya dibantu untuk diberikan daftar LEMBAGA DIKLAT AVSEC SE-INDONESIA beserta alamat dan nomor telp yang bs dihubungi..tolong dikirimkan ke email saya di ws_persada@yahoo.co.id
    atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

  7. Romi says:

    Terima kasih informasi yang diberikan oleh tabloid Penerbangan AVIASI yang sesuai dengan kebutuhan kantor kami saat ini.

    Kalau boleh minta bantuannya terkait lembaga pelaksana training aviasinya, karena saat ini kantor kami sedang membutuhkan training untuk basic avsec dan junior avsec.

    Untuk list lembaga serta alamatnya bisa di kirim ke k3ll_bcn@cbn.net.id

    terima kasih atas perhatian dan informasinya.

  8. koko says:

    saya minta tolong dibantu tentang waktu-waktu pelaksanaa Training AVSEC karena Paerusahaan kami sangat membutuhkan Sertifikat AVSEC sebagai persyaratan utama. terima kasih

  9. diaz says:

    kapan lagi ada lowongan untuk AvSec di bandara??
    mohon infonya segera.
    Thanks

  10. hendri says:

    dear koko,

    kami dari FARIN TRAINING CENTER menmbuka program training avsec program untuk kelas avsec basic dan avsec junior.
    kampus kami beralamat di :
    jln husein sastranegara,ruko duta garden square blok g no 2
    tanggerang banten

    untuk informasi selengkapnya silahkan mengubungi
    di no telp 021 54370509 atau hp 082124382978.

    salam,
    ade

  11. yonatan says:

    kalau boleh tahu kapan pendaftaran avsec d buka…

    & tempat pendaftarannya d mana…..??

  12. Kabayan says:

    Thank about your info,

    Please Sent by email about schedule training and how much about fee

  13. hendri says:

    dear koko,

    FARIN TRAINING CENTER akan membuka kelas basic avsec
    pada tanggal 28 sep 2011 yang dmana alamat kantor kami
    di DUTA GARDEN SQUARE BLOK G 02 JURUMUDI TANGGERANG
    DI NO TELP 021 54370509 ATAU HP SAYA 0818773768.

    bila mana berminat silahkan hub saya via telp atau sms.

    brdgs

    hendri

  14. yosi says:

    Dear Pembaca Tabloid Aviasi,

    Kami dari Lion Training Center juga membuka kesempatan untuk temen-teman yang akan mengikuti training Basic AVSEC dan Initial Dangerous Goods License Type A.

    kantor kami di Gedung Lion Air Tower, Jl. Gajah Mada. jika berminta segera hubungi ke email tsb diatas.

    Best Regards,

  15. hendri says:

    FARIN TRAINING CENTER MEMBUKA KELAS/TRAINING :

    1.BASIC AVSEC
    2.JUNIOR AVSEC
    3.SENIOR AVSEC
    4.DG TYPE A
    5.DG TYPE B
    6.AVSEC AWARENESS
    Alamat kami : KOMPLEK DUTA GARDEN SQUARE BLOK G02 JLN HUSEIN SASTRA NEGARA JURUMUDI TANGGERANG NO TELP 02154370509/HP 081877376B.

    SILAHKAN BILAMANA ADA REKAN REKAN YANG BERMINAT MENGIKUTI TRAINING MENGHUBUNGI ALAMAT TRAINING KAMI DI ATAS

    hormat kami,

    hendri

  16. hendri says:

    maaf buat ralat buat no hp :0818773768

    tks
    hendri
    farin training center

  17. faisal says:

    untuk pendaftaran/training avsec dibali tempat nya di mana ya?? mohon infonya melalui email saya di faiz_bwi@ymail.com

  18. faisal says:

    untuk pendaftaran avsec dibali tempatnya dimana? mohon infonya melalui email saya di faisol_bwi@ymail.com

  19. eka harry says:

    kalau mau ikut diklat AVSEC ( basic/junior/senior) , PKP-PK ( basic/junior/senior) , Dangerous Goods, Etc…. silahkan dibuka website balai diklat penerbangan palembang……

  20. Kerty says:

    Saya lulusan tahun 2011..
    FKO Biak..
    Kapan Basic AVSEC nya??
    Apakah, Basic duluan?
    Habisnya, SK sdh mw di terbitkan..
    Terimakasih..

  21. cicilia linda perwitasari says:

    untuk avsec perempuan tinggi minimal apa sama 165??
    terimakasih

  22. fitriani says:

    di bandara hasanuddin pendidikan Basic Avsec dan Junior Avsecnya tinggi sekali biayanya harganya Basic sama Junior itu 5.000.000 dibebankan kepada tenaga kerja..

  23. ap aja persyratan masuk avsec ??

  24. apa aja persyrtan msuk avsec ??

  25. Yοu will b much more posperous in the lng un;trust me. Parnts often express a positive rspective regarding quality of life issue raising ahild with a svee diabilty, accοrding to anew stud. Although u should avoid wering overly oversized hoes, yοu should buy shes th a high hel.

  26. Andy says:

    dear all..

    Lima Widya Training Center siap menerima siswa untuk kelas training:
    1.Basic Avsec
    2.Junior Avsec
    3.Senior Avsec
    4.Dangerous Goods Type A
    5.Dangerous Goods Type B
    6.Avsec Awareness
    7.Recurrent Avsec DG semua tingkatan
    8.Basic Cargo

    Kelas nyaman full AC,instruktur berpengalaman,sarana dan prasarana lengkap sebagai penunjang kelas (X-Ray dsb)

    Alamat di Jalan Sukabumi No 23 Menteng JakPus (021) 3155138

    Hormat kami,

    Lima Widya Training Center

  27. bunga says:

    min, untuk daftar AVSEC langsung aja atau training dulu?
    trainingnya di sekelohkan atau biaya kita sendri?
    mohon bantuannya ya min
    thx

  28. hari says:

    selamat malam,

    mohon info alamat diklat di jogja yang dapat mengurus sertifikat Avsec Awareness,dan rata-rata biaya nya berapa?
    terimakasih

  29. hendri says:

    Selamat siang,

    FARIN TRAINING CENTER sebagai lembaga training AVSEC,DG,HDA DAN HLO setiap minggu nya membuka kelas untuk SEMUA jenis training tsb.bilamana ada rekan yang berminat bisa lsg datang ke tempat kami dengan alamat : KOMPLEK DUTA GARDEN SQUARE BLOK G1 DAN G2 JURUMUDI TANGERANG/ atau hub : 021-54370509/54370488 atau hp 0818773768.

    Terimakasih atas perhatiannya

    salam,

    Hendri.

  30. satrio widio purnomo says:

    info lowongan untuk avsec nya ya..
    saya sudah mempunyai SKP junior AVSEC

    mohon info nya hub. ke no 085920063331

  31. hendri says:

    Training avsec yang berkualitas dan berkompentensi Tentu nya di FARIN TRAINING CENTER silahkan daftarkan diri anda menjadi AVSEC yang professional dan karir yang Bagus dalam dunia keamanan penerbangan..silahkan hub 081877376881298552180 hendri. Bravo avsec indonesia.

Leave a Reply